Jumat, 19 Januari 2018

Ciri Ciri Sakit Asam Urat Dan Pengobatannya

Asam Urat Dan Rematik Apakah Sama, Obat Alami Asam Urat Adalah, Obat Herbal Buat Sakit Asam Urat, Obat Asam Urat Kaskus, Buah Obat Herbal Asam Urat, Obat Tradisional Buat Penyakit Asam Urat, Cara Alami Mengobati Penyakit Asam Urat Dan Rematik, Obat Asam Urat Herbal Terbaik, Cara Menyembuhkan Asam Urat.Com, Obat Asam Urat Dan Batu Ginjal, Makanan Obat Asam Urat Alami, Pencegahan Asam Urat Dan Rematik, Makanan Untuk Asam Urat Dan Diabetes, Mengobati Asam Urat Dengan Daun Bambu, Www.Obat Asam Urat, Makanan Asam Urat Rendah, Kapsul Asam Urat Super, Obat Yg Paling Bagus Untuk Asam Urat, Angka Normal Asam Urat Dan Kolesterol, Obat Herbal Alami Penurun Asam Urat, Standar Asam Urat Dalam Darah, Obat Herbal Utk Sakit Asam Urat, Normal Asam Urat Buat Wanita, Mengatasi Asam Urat Parah, Asam Urat Ideal, Mengobati Asam Urat Rendah, Ramuan Obat Asam Urat Herbal, Pantangan Asam Urat Dan Koresterol, Obat Yang Bagus Buat Asam Urat, Coklat Bikin Asam Urat, Obat Untuk Asam Urat Adalah, Nilai Normal Asam Urat Pada Anak, Www.Cara Mengobati Asam Urat Secara Alami, Cara Pencegahan Dan Pengobatan Penyakit Asam Urat, Cara Mengatasi Asam Urat Bagi Ibu Hamil, Kamrat Obat Asam Urat Dan Rematik, Cara Mengatasi Sakit Asam Urat, Asam Urat Gula Darah Dan Kolesterol, Asam Urat Pada Telapak Kaki, Asam Urat Penyebab Dan Obatnya, Obat Asam Urat Yang Generik, Asam Urat Dan Transfer Factor, Harga Herbal Asam Urat, Cara Menghilangkan Sakit Nyeri Asam Urat, Hb Rendah Asam Urat Tinggi
Ciri Ciri Sakit Asam Urat Dan Pengobatannya - Penyakit asam urat terjadi saat sambungan persendian sakit dan bengkak. Meski lebih sering terjadi pada orang tua, asam urat juga dapat dialami di usia muda. Kenali gejala asam urat dari sekarang!
Penyakit asam urat disebabkan berlebihnya kadar asam urat dalam tubuh. Asam urat berlebih yang tidak dapat disaring oleh ginjal akan mengendap di sela-sela persendian dan menyebabkan rasa sakit.

Gejala Asam Urat yang Biasa Terjadi

Penyakit asam urat muncul dalam bentuk serangan sakit yang dapat terjadi secara tiba-tiba. Serangan ini biasa muncul pada tengah malam atau pagi hari dan ditandai dengan beberapa hal berikut.

Nyeri Sendi Parah
Serangan asam urat bisa sangat menyakitkan. Di mana sentuhan ringan seperti ujung kain atau berjalan saja dapat menambah rasa sakit. Rasa nyeri ini dapat bertahan selama empat hingga 12 jam.
Serangan asam urat biasa menyerang salah satu sendi, biasanya pada jempol kaki. Namun, sendi-sendi lain seperti pada pergelangan kaki, pergelangan tangan, lutut, dan tungkai juga dapat terkena.

Sendi Meradang
Saat serangan terjadi, area sendi yang terkena dapat bengkak dan terasa hangat. Kulit sekitar sendipun akan merah dan meradang .

Sendi Terasa Tidak Nyaman
Meski rasa sakit hebat telah reda, asam urat yang dibiarkan tetap menjadikan sendi terasa tidak nyaman. Rasa sakit ini dapat bertahan selama beberapa hari tetapi biasanya akan hilang dalam 10 hari.

Serangan asam urat yang tidak ditangani juga dapat terjadi berulang dalam beberapa minggu, bulan ataupun tahun.

Serangan selanjutnya kemungkinan besar bertahan lebih lama dan menyerang lebih banyak sendi. Kondisi ini akan semakin membatasi ruang gerak penderita.
Apakah Asam Urat Berbahaya?

Asam urat berulang dalam menyebabkan timbulnya bintil seperti pasir (tophi) di bawah kulit hingga mengakibatkan sendi rusak. Pada beberapa orang, kristal asam urat juga mungkin membentuk batu ginjal.

Namun, secara umum penyakit asam urat tidak menyebabkan efek samping lain. Karena, sebagian besar orang, telah menangani asam urat pada serangan pertama.

Cara Mudah Mengatasi dan Mencegah Asam Urat Kambuh

Langkah pertama penanganan asam urat adalah mengompres bagian sendi yang sakit dengan es selama kurang lebih 20 menit. Hal ini dilakukan untuk meredakan radang.

Bila sakit tak kunjung reda, kamu bisa minum obat anti inflamasi non steroid (aceclofenac atau acemetacin) yang dijual bebas di klinik terdekat.

Sedangkan untuk mencegah serangan selanjutnya, kamu perlu menerapkan gaya hidup sehat. Beberapa tips ini bisa kamu lakukan

  • Cukup minum air, yaitu sekitar dua liter per hari untuk mencegah dehidrasi
  • Melakukan tes darah secara berkala. Di mana asam urat berlebih lebih mungkin terjadi pada penderita tekanan darah tinggi
  • Membatasi konsumsi alkohol
  • Menghindari makanan tinggi purin yang dapat memicu asam urat. Contohnya seafood, hati dan daging olahan.
  • Menurunkan berat badan bila obesitas. Penurunan berat badan sehat adalah setengah hingga satu kg per minggu.

Gejala penyakit asam urat dapat berupa sakitnya sendi selama berjam-jam diiringi bengkak juga radang. Bila hal ini terjadi, segera kompres sendi dengan es untuk meredakan rasa sakit.
Kemudian, untuk mencegah serangan asam urat kambuh, penderita diharapkan menerapkan gaya hidup sehat. Seperti banyak minum air dan menghindari makanan yang memicu asam urat.




Mengobati Asam Urat

Ciri Ciri Sakit Asam Urat Dan Pengobatannya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: suhad